Dalam rangka pembinaan, memberikan motivasi dan apresiasi terhadap sumber daya manusia kearsipan yang profesional demi mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik, UPT Kearsipan Unsoed  menyelenggarakan  lomba pengelola arsip unit kerja,  baik  fakultas, lembaga dan unit kerja yang ada dilingkungan Universitas Jenderal Soedirman. Hal ini dikarenakan pengelolaan kearsipan merupakan tanggung jawab setiap unit kerja, dimana semua arsip-arsip yang diciptakannya akan lebih tertata dan tertib sehingga dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu juga untuk meningkatkan kompetensi serta pengetahuan dan kemampuan pengelola arsip dalam mengelola arsipnya.

Lomba dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 28 dan 29 November 2023. Peserta lomba adalah pengelola arsip dari fakultas, lembaga dan unit kerja yang ada  di Unsoed yang berjumlah 35 orang. Tahapan dalam seleksi adalah tes tulis, wawancara dan verifikasi lapangan ke unit kerja.  Dari hasil seleksi tulis dipilih 10 peserta terbaik yang selanjutnya maju ke tahap wawancara, dari wawancara tersebut di pilih 6 peserta terbaik yang selanjutnya dilaksanakan verifikasi lapangan ke unit kerja peserta terbaik tersebut. Tim Juri terdiri dari Kepala Biro Umum dan Keuangan, Kepala UPT Kearsipan dan Arsiparis. Dari hasil akumulasi penilaian baik tes tulis, wawancara maupun verifikasi lapangan keluar menjadi pemenang lomba adalah :

  1. Terbaik I : Tutik Hendri Ani, S.A.P         Fakultas ISIP
  2. Terbaik II : Prima Firdausi,S.H              Fakultas Ilmu Budaya
  3. Terbaik III : Septi Dewi Yanti,S.M          Fakultas Pertanian.

Kepada pemenang diberikan piagam penghargaan dan uang pembinaan.

Dari kegiatan ini diharapkan pengelola arsip lebih bersemangat dan selalu meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dalam mengelola arsip dan selalu berkoordinasi dengan arsiparis yang ada di unit kerjanya. Selamat dan Sukses untuk pemenang..dan untuk yang belum berhasil masih banyak kesempatan, lebih semangat lagi dalam belajar tentang pengelolaan arsip.

 

“Laskar Arsip Soedirman Maju Terus Pantang Menyerah”

Arsip Yess… Hoaks No…. !!!