Menindaklanjuti surat permohonan dari Koordinator Program Studi D3 Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsoed tentang permohonan bimbingan dan konsultasi Kearsipan, UPT Kearsipan melaksanakan kegiatan bimbingan dan konsultasi (Bimkos) kepada mahasiswa tersebut.

Bimbingan dan Konsultasi Kearsipan bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang kearsipan kepada mahasiswa  dalam rangka observasi mata kuliah Manajemen Kearsipan. Kegiatan bimkos diikuti oleh 5 mahasiswa yang dilaksanakan  pada tanggal 13 Juni 2024, pukul 10.00 sampai dengan selesai dan diterima oleh Kepala UPT Kearsipan beserta para Koordinator Divisi di Ruang Rapat UPT Kearsipan Lt.2.

Bimbingan dilakukan dengan penyampaian materi dan diskusi. Dalam hal penyampaian materi lebih rinci disampaikan mengenai kegiatan penyusutan arsip dan pengelolaan arsip statis di UPT Kearsipan Unsoed.

Penjelasan dimulai dari bagaimana prosedur kegiatan pemindahan arsip aktif menjadi inaktif di unit kerja, prosedur pemusnahan arsip dan prenyerahan arsip statis. Mahasiswa sangat antusias menggali permasalahan yang ada dalam mengelola dan memperlakukan arsip statis sebagai arsip yang sangat penting dan mempunyai nilai guna kesejarahan, sarana prasarana yang digunakan, pedoman dan juga SDM yang mengelola.

Dengan adanya kegiatan bimbingan konsultasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa, sehingga akan menjadi bekal dalam mempelajari mata kuliah manajemen kearsipan dan dapat melaksanakan praktek kearsipan dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah kearsipan serta dapat diterapkan pada saat memasuki dunia kerja.